Total Tayangan Halaman

Selasa, 21 Februari 2012

Tidak Cukup Hanya dengan "CINTA"

Cinta... kenapa harus ngomongin cinta di blog ini?? apa hubungannya dgn kedokteran dan kesehatan hewan??

Sebenarnya inspirasi terbesar yg mendorong saya untuk mebuat tulisan ini adalah keprihatinan yang saya rasakan terhadap mereka (baca: pet) yg menderita karena owner yang hanya mengandalkan "CINTA"..

Lalu apa yang salah dari memelihara hewan dengan modal "CINTA"???

banyak orang merasa dia care, peduli dan cinta terhadap pet, sehingga memutuskan untuk mengadopsi mereka, dan menjadikan mereka bagian dari keluarganya. Pada saat sehat dan aktif mereka selalu dibangga2kan dan disayang2. namun apa yang terjadi ketika mereka sakit??? khususnya yg sakit parah, banyak owner bingung dan merasa berat untuk memberikan pengobatan yg terbaik untuk si dogie agar bisa sembuh, mereka tidak punya biaya atapun anggaran untuk itu.

Pernahkah kita terfikirkan saat kita memutuskan untuk mengadopsi anjing atau kucing atau hewan piara lainnya tentang anggaran saat hewan itu sakit??? jawabannya pasti "tidak". Kita lupa kalau mereka makhluk hidup, yang bisa sakit. kita langsung terbius dengan wajah lucunya saat kita ingin mengadopsi.

Berapa banyak hewan yang harus terlantar dijalanan dengan penyakit parahnya, hanya karena di"buang" oleh ownernya, karena owner tidak sanggup menanggung biaya pengobatannya. Berapa banyak hewan yang mati sia-sia tanpa pengobatan karena alasan yang sama??

Mungkin tulisan ini terkesan menyudutkan anda yg cinta hewan tapi tdk memiliki budget yang cukup. Tapi haruskah mereka selalu menjadi korban keegoisan manusia yang hanya memikirkan dirinya saja???

Pet Animal apapun jenisnya merupakan hewan2 yg karena ulah kita (manusia) menjadi menggantungkan hidupnya pada manusia. berbeda saat mereka dialam liar, alam yg menentukan kelangsungan hidup mereka. Tapi sayangnya banyak diantara pet animal yang bernasib kurang beruntung. Manusia (lagi2 krn keegoisannya) merasa superior ketika hewan2 tersebut sudah menggantungkan hidupnya sepenuh jiwa kepada sang owner. Banyak sekali saya menemui hewan2 yang sakit parah namun masih memungkinkan sembuh (dengan biaya pengobatan tinggi) harus dicampakan atau dibiarkan oleh owner hanya karena mereka tidak ingin merogoh kantongnya lebih dalam.


Sekali lagi tulisan ini bukan untuk melarang anda memelihara pet karena apabila semua orang takut memelihara mereka, maka dengan siapa lagi mereka akan menggantungkan hidupnya. Tapi jauh dari itu, tulisan ini saya buat agar para 'calon' owner yang berkeinginan untuk memelihara pet lebih berpikir kedepan.

Pikirkan kondisi finansial anda, memungkinkankah untuk memelihara hewan? ingat pengeluaran yg pasti anda keluarkan adalah pakan, sandang, dan pengobatan.

Lalu kalau anda memiliki budget yang minim bagaimana??

Saya selalu menjelaskan hal ini kepada klien saya..
Cinta itu memang perlu, kasih itu memang tulus, tapi berpikir bijak akan selalu memberikan jawaban terbaik dalam sebuah pertanyaan. Apabila anda berbudget minim maka tunjukan keseriusan anda. anda harus menyisihkan sedikit penghasilan anda rutin setiap bulannya untuk kebutuhan mendadak pet anda seperti berobat. tapi kalau anda tidak bisa juga menyisihkan sedikit penghasilan anda maka 1 hal yang saya tegaskan JANGAN MEMELIHARA. Kalau dari awal anda sudah ragu berkomitmen, sebaiknya urungkan niat anda menjadi pet owner.

Be smart and responsible pet owner.. They need you..

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Veterinarian in PDHB drh. Cucu, dkk